Tuesday, May 10, 2011

Apa itu kesedihan?

Definisi kesedihan itu sendiri dari wikipedia yaitu, adalah suatu emosi yang ditandai oleh perasaan tidak beruntung, kehilangan, dan ketidakberdayaan. Saat sedih, manusia sering menjadi lebih diam, kurang bersemangat, dan menarik diri. Kesedihan dapat juga dipandang sebagai penurunan suasana hati sementara, sementara depresi sering dicirikan dengan penurunan suasana hati yang persisten dan besar yang kadang disertai dengan gangguan terhadap kemampuan seseorang untuk melakukan kegiatan hariannya.

Seperti contohnya,pernah ga dalam hidup kita merasa sangat kesepian, meskipun banyak orang disekitar kita?. Atau pernah ga, merasa tidak berguna bagi orang lain, bahkan bagi diri sendiri?. Dan ini lagi, pernah kah kita merasa mampu tapi sebenarnya tidak mampu dan ingin dibantu oleh orang lain?. Kebanyakan orang pasti pernah mengalami hal tersebut. termasuk saya.

Saya, anak pertama dan terakhir yang terlahir dari sebuah keluarga sederhana, yang mungkin bisa dibilang berkecukupan dari orang-orang diluar sana, saya masih terhitung beruntung.
Diluar sana, anak-anak seumuran saya mungkin saat ini sedang mengais rezeki untuk memperoleh makanan, sementara saya disini dengan enaknya mengutak-atik komputer.

Tak jarang pula, anak-anak yang jauh umurnya dibawah saya, mereka sudah mencari untuk makannya sendiri, saya yakin mereka juga pasti kedinginan diluar sana. Tidak ada kasur, guling, bantal, ataupun selimut hangat. Yang ada hanyalah beralaskan koran, dan beratapkan "mega".

Terkadang saya sering merasa sedih jika suatu ketika saya ada masalah namun orang yang layak dijadikan teman bicara sedang tidak bisa, atau sibuk. Entah harus cerita dengan siapa, dan pada akhirnya semua masalah yang saya alami hanya saya pendam.
Banyak sebenarnya masalah dan keluhan dalam hidup saya, namun hal tersebut jarang saya ungkapkan kepada orang tua saya, kenapa?, karena saya selalu merasa tidak enak jika terus mengeluh dengan mereka yang sudah membiayai saya sampai dengan hari ini.
Yang saya lakukan mungkin hanya, browsing di forum, dan tak jarang main game hanya untuk menghilangkan suntuk hari ini. Dan jika cara itu masih tidak bisa barulah saya benar-benar mengadu pada yang diatas, Allah SWT. Shalat malam terkadang menjadi obat tersendiri bagi saya.

Terlebih jika saya ingin membantu orang lain, namun ternyata orang tersebut tidak membutuhkan saya, tapi saya tidak berkecil hati. Mungkin akan ada yang meminta bantuan dilain hari.
Disamping itu, terkadang saya juga sering merasa bersalah dengan orang tua, kenapa?, karena mungkin selama ini saya belum bisa memberikan yang terbaik bagi orang tua saya, dari prestasi, nilai, meskipun tak jarang juga saya membuat mereka tersenyum dengan apa yang sudah saya lakukan.

Beruntung saya masih punya orang tua, dan alhamdulillah lengkap. Banyak anak diluar sana yang dari lahir mungkin sudah tidak tahu siapa orang tuanya, kerabat atau sanak keluarganya.

Mungkin cara yang terbaik dalam menghadapi hidup ini hanya lah dengan berpasrah kepada Allah SWT, bertawakal, dan selalu berdoa memohon akan keselamatan kita.
Jangan pernah menyesali hidup ini, waktu takkan pernah bisa terulang walau hanya sepersedetik saja. Tidak akan.

Selagi masih punya keluarga, apalagi lengkap, alangkah lebih baik jika kita menghabiskan waktu dengan mereka, tidak ada salahnya walaupun hanya 1 jam saja. Karena jika sudah kehilangan, mereka tak akan bisa kembali.

Seperti kata pepatah, "Uang, teman, bisa dicari namun keluarga tidak akan ada yang bisa menggantikannya"

“Ada saatnya kapan kita harus bersedih, namun jangan sampai kita tenggelam terlalu dalam, hingga tak sanggup lagi untuk berenang mencapai permukaan. Dan masih banyak anak di luar sana yang tak mampu meraih kebahagiaan walaupun hanya setitik”.

No comments:

Post a Comment