Sunday, May 8, 2011

Keindahan

Pengertian Keindahan

Sedikit tentang pengertian keindahan, keindahan itu berasal dari kata "indah" yang berarti bagus, elok dan molek. Keindahan yang bersifat universal, yaitu keindahan yang tak terikat oleh selera perorangan, waktu, tempat atau daerah tertentu. Keindahan bersifat menyeluruh.

Segala sesuatu yang yang mempunyai sifat indah antara lain sebagai contoh adalah segala hasil seni, pemandangan alam, manusia dengan segala anggota tubuhnya dan lain sebagainya.
Dalam bahasa Latin, keindahan diterjemahkan dari kata “belum”, yang akar katanya adalah “benum” yang berarti kebaikan. Dalam bahasa Inggris menjadi kata “beautiful”, perancis “beao” sedangkan Italy dan Spanyol ”beloo”.

Dalam arti yang luas keindahan bisa saja merupakan hasil seni, alam, moral dan intelektual. Dan dalam arti estetik mencangkup pengalaman estetik seseorang dalam hubunganya dengan hubunganya dengan segala sesuatu yang di terimanya. Sedangkan dalam arti terbatas keindahan sangat berkaitan erat dengan keindahan bentuk dan warna.

Nilai Estetis/estetika

Nilai estetis diartikan dalam bidang filsafat ,istilah nilai seringkali dipakai sebagai suatu kata benda abstrak yang berarti keberhargaan (worth) atau kebaikan (goodness). Dalam "dictionary of sociology and related sciences" perumusan tentang value sebagai berikut ”The believed capacity of any object to satisfy a human desire. The quality of any object which causes it to be on interest to an individual or a group” yang artinya kemampuan yang dapat dipercaya ada pada suatu benda untuk memuaskan suatu keinginan manusia,sifat dari suatu benda tersebut yang menyebabkan menarik minat seseorang.
Menurut kamus selanjutnya,nilai merupakan suatu realita psikologis yang harus dibandakan secara tegas dari kegunaannya,karena terdapat dlam juwa manusia dan bukan pada bendanya itu tersendiri.

Nilai intrinsik dan ekstrinsik

Nilai ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai sarana untuk suatu hal lainnya/instrumental yaitu nilai yang bersifat sebagai alat atau untuk membantu. Nilai instrinsik adalah sifat baik dari benda yang bersangkutan dengan suatu tujuan ataupun demi kepentingan benda itu sendiri.

Kotemplasi dan Ekstansi

Keindahan dapat dinikmati menurut selera seni dan selera biasa. Keindahan yang didasarkan pada selera seni akan didukung oleh faktor kontemplasi dan ekstansi.

Pengertian kontemplasi itu sendiri adalah dasar dalam diri manusia untuk menciptakan sesuatu yang indah. Sedangkan ekstansi adalah dasar dalam diri manusia untuk menyatakan,merasakan dan menikmati sesuatu yang indah. Apabila kedua dasar ini dihubungkan dengan kreativitas maka kontemplasi tersebut akan menjadi faktor pendorong untuk menciptakan keindahan ,sedangkan ekstansi merupakan faktor pendorong untuk merasakan keindahan karena derajat kontemplasi dan ekstansi setiap manusia pada dasarnya berbeda-beda,maka tanggapan terhadap keindahan karya seni juga akan mengalami perbedaan.

Kesimpulan dari semua tulisan diatas,
"keindahan merupakan sebuah karunia yang tiada tandingannya, karena keindahan adalah sebuah ciptaan Allah SWT, dah Allah juga menyukai yg indah-indah. Maka dari itu jaga dan lestarikan keindahan yang sudah tercipta ini, agar kelak semua bisa menikmatinya."

Let's Go Green !!

No comments:

Post a Comment