Monday, June 4, 2012

Kelompok dalam Organisasi

A. Peran Individu dalam kelompok/organisasi

Peran individu dapat di definisikan seperti berikut.
Keterlibatan dan kesediaan partisipasi anggota/individu dalam suatu organisasi menjadi sesuatu lebih penting karena organisasi tersebut dapat memulai suatu fungsi karena jika tanpa keterlibatan dari individu/anggota maka manfaat atau fungsional organisasi tersebut tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

Pada masing–masing dari individu tersebut yang terdapat di dalam suatu organisasi mempunyai peran yang beragam dan mempunyai keterikatan terhadap suatu wadah, yaitu organisasi. Individu/anggota merupakan komponen vital dalam suatu organisasi tetapi tidak efisien jika “individu” ingin mencapai suatu tujuan dasar organisasi. Karena individu tidak mempunyai struktur dan sistem untuk mencapai suatu tujuan organisasi.

Suatu kelompok pada dasarnya adalah sekumpulan individu yang berada dalam suatu organisasi dimana para anggotanya saling mempunyai ketergantungan satu sama lain dalam melaksanakan suatu kinerja secara berstruktur.

Organisasi lebih mengutamakan atas pencapaian tujuan dasar yang lebih mengedepankan kepada hasil yang ingin dicapai. Suatu kinerja kelompok akan lebih efisien ketika di letakkan di ruang lingkup organisasi karena suatu tujuan akan lebih cepat tercapai jika didalam pengelolaannya dikerjakan secara berstruktur atau berkelompok.

B. Tipe dari Organisasi. (Formal dan Informal)

- Formal

Organisasi tipe ini adalah organisasi yang dibentuk oleh sekumpulan orang/masyarakat yang memiliki suatu struktur yang terumuskan dengan baik, yang menerangkan hubungan-hubungan dari otoritasnya, kekuasaan, akuntabilitas dan tanggung jawabnya, serta memilki kekuatan hukum. Hierarki sasaran organisasi formal dinyatakan secara eksplisit. Status, prestise, imbalan, pangkat dan jabatan, serta prasarat lainya terurutkan dengan baik dan terkendali. Selain itu organisasi formal tahan lama dan mereka terencana dan mengingat bahwa ditekankan mereka beraturan, maka mereka relatif bersifat tidak fleksibel.
Contoh dari Organisasi tipe formal seperti yang terdapat pada instansi, atau pada universitas.

- Informal

Keanggotaan pada organisasi informal dapat dicapai baik secara sadar maupun tidak sadar, dan kerap kali sulit untuk menentukan waktu secara tepat, kapan seseorang menjadi anggota organisasi tersebut. Sifat absolut hubungan antar anggota dan bahkan tujuan organisasi yang bersangkutan tidak terspesifikasi. Contoh organisasi informal adalah pertemuan tidak resmi seperti makan malam bersama. Organisasi informal dapat dialihkan menjadi organisasi formal apabila hubungan didalamnya dan kegiatan yang dilakukan terstruktur dan terumuskan. Selain itu, organisasi juga dibedakan menjadi organisasi primer dan organisasi sekunder menurut Hicks:
  • Organisasi Primer, organisasi semacam ini menuntut keterlibatan secara lengkap, pribadi dan emosional anggotanya. Mereka berlandaskan ekspektasi timbal balik dan bukan pada kewajiban yang dirumuskan dengan eksak. Contoh dari organisasi semacam ini adalah keluarga-keluarga tertentu.
  • Organisasi Sekunder, organisasi sekunder memuat hubungan yang bersifat intelektual, rasional, dan kontraktual. Organisasi seperti ini tidak bertujuan memberikan kepuasan batin, tapi mereka memiliki anggota karena dapat menyediakan alat-alat berupa gaji ataupun imbalan kepada anggotanya. Sebagai contoh organisasi ini adalah kontrak kerjasama antara majikan dengan calon karyawannya dimana harus saling setuju mengenai seberapa besar pembayaran gajinya.
 C. Pengalaman dalam berkelompok/berorganisasi.

Untuk pengalaman, saya ada sedikit pengalaman, dikarenakan pada waktu SMP saya mengikuti OSIS. Dan sewaktu SMA mengikuti Karang taruna di perumahan saya.
Mengikuti organisasi sebenarnya menyenangkan, asalkan memiliki tujuan yang jelas, tidak hanya berkumpul ramai-ramai.


Source :
Credit goes to this site :
- http://careabouteducation.wordpress.com/2011/09/22/peran-individu-dan-kelompok-dalam-suatu-organisasi/ (11.32 PM)

- http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_sosial (11.32 PM)

thanks. ^^

No comments:

Post a Comment