Friday, May 4, 2012

Teori Pengambilan Keputusan

Teori Pengambilan Keputusan

* Definisi
Pengambilan keputusan dapat dianggap sebagai suatu hasil atau keluaran dari proses mental atau kognitif yang membawa pada pemilihan suatu jalur tindakan di antara beberapa alternatif yang tersedia. Setiap proses pengambilan keputusan selalu menghasilkan satu pilihan final. Hasilnya bisa berupa suatu tindakan (aksi) atau suatu opini terhadap pilihan.

Beberapa Teori Tentang Pengambilan Keputusan :

- Teori Rasional Komprehensif
Teori rasional komprehensif ini menuntut hal-hal yang tidak rasional dalam diri pengambil keputusan. Asumsinya adalah seorang pengambil keputusan memiliki cukup informasi mengenahi berbagai alternatif sehingga mampu meramalkan secara tepat akibat-akibat dari pilihan alternatif yang ada, serta memperhitungkan asas biaya manfaatnya.dan mempertimbangkan banyak masalah yang saling berkaitan.

- Teori Inkremental
Teori ini dapat dikatakan sebagai model pengambilan keputusan yang membuahkan hasil terbatas, praktis dan dapat diterima.

- Teori Pengamatan Terpadu
Model pengamatan terpadu ini pada hakikatnya merupakan pendekatan kompromi yang menggabungkan pemanfaatan model rasional komprehensif dan model inkremental dalam proses pengambilan keputusan.

Berdasarkan tersedianya pemecahan masalah, jenis keputusan yang biasanya muncul adalah:
  • Keputusan terpogram. Keputusan ini berkaitan dengan kebiasaan,aturan,dan prosedur. Dalam hal ini kondisi yang dihadapi semuanya dapat di ketahui dengan pasti.
  • Keputusan tidak terprogram. Keputusan tidak terpogram ini adalah keputusan yang tidak mempunyai suatu aturan yang baku,tergantung pada jenis masalahnya. Biasanya,masalah yang membutuhkan keputusan tidak terprogram ini terjadinya tidak dapat di prediksi.
  • Keputusan tidak terstruktur. Disebut tidak terstruktur karena tidak diketahui pemecahannya karena ketidak jelasan masalahnya.

All credits goes to this Site :
-  http://sahri-rahman.blogspot.com/2011/12/teori-pengambilan-keputusan.html
- id.wikipedia.org/wiki/Pengambilan_keputusan
- http://www.anneahira.com/pengambilan-keputusan.htm


thanks for helping me.
   

No comments:

Post a Comment