Tuesday, December 10, 2013

Efek Positif dan Negatif Mengikuti Social Media

- Definisi

Social Media atau Media Sosial adalah  sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

- Klasifikasi Media Sosial

Terdapat beberapa klasifikasi untuk mendeskripsikan media sosial, antara lain :


  1. Blog dan microblog : User lebih bebas dalam mengekspresikan sesuatu di blog ini seperti curhat ataupun mengkritik kebijakan pemerintah. contohnya twitter.
  2. Konten : para user dari pengguna website ini saling meng-share konten – konten media, baik seperti video, ebook, gambar, dan lain – lain. contohnya youtube.
  3. Situs jejaring sosial : Aplikasi yang mengizinkan user untuk dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan orang lain. Informasi pribadi itu bisa seperti foto – foto. contoh facebook.
  4. Virtual game world : Dunia virtual, dimana mengreplikasikan lingkungan 3D, dimana user bisa muncul dalam bentuk avatar – avatar yang diinginkan serta berinteraksi dengan orang lain selayaknya di dunia nyata. contohnya game online.
  5. Proyek Kolaborasi : Website mengijinkan usernya untuk dapat mengubah, menambah, ataupun me-remove konten – konten yang ada di website ini. contohnya wikipedia.
Kelebihan mengikuti SosMed


  1. Informasi bisa didapatkan dengan lebih mudah dan cepat.
  2. Bebas menyuarakan apa yang sedang ada dipikiran.
  3. Bisa menyalurkan bakat dan menyampaikan ke khalayak rama melalui SosMed.
Kekurangan mengikuti SosMed.

  1. Apabila menulis status yang sifatnya sensitif, akan berdampak atau menyebabkan orang lain tersinggung. Atau bisa menyebabkan pidana pada kita (bila menulis / mengkritik pemerintah dengan kata yang tidak sopan).
  2. Butuh koneksi internet.
Sumber : wiki

No comments:

Post a Comment