Saturday, January 5, 2013

Fenomena Aneh Luar Angkasa

Pembuka

Banyak fenomena-fenomena aneh yang terjadi di bumi ini. Tapi dalam hal ini yang akan saya tulis adalah fenomena mengenai luar angkasa.

Tuhan YME menciptakan alam semesta ini dengan isinya, dan dengan tujuannya. Dan semua berjalan sejalan seiringan. Subhanallah.

Bagitu banyak fenomena yang terjadi setiap harinya diluar angkasa, jangankan setiap hari, setiap sepersekian detik pasti ada perubahan di tatasurya kita. 

Oke langsung saja pada intinya, ada beberapa fenomena yang akan saya tulis disini. Mungkin sudah sedikit agak lama (jadul), tapi menurut saya masih layak untuk di posting. Karena saya pribadi menyukai hal tentang luar angkasa.

1. Sprite (kilauan cahaya)

Fenomena seperti ini biasanya terjadi saat adanya badai, Fenomena aneh ini terjadi sekitar pada tanggal 30 April 2012. Dan para astronot di International Space Station (ISS) berhasil mengabadikan moment tersebut. Gambar pertama sprite muncul pada Juli 1989 oleh para peneliti di University of Minnesota.

Fenomena langka yang biasa disebut ‘sprite’ ini berupa cahaya merah dan biru yang berkedip ribuan kali dalam satu detik.

Di akui oleh para peneliti dalam mendapatkan gambar tersebut tidak bisa dalam resolusi tinggi, Fenomena ini terjadi di ketinggian 80 km dari permukaan Bumi.



“Fenomena ini sangak spektakuler. Selain terjadi dalam waktu cepat, bisa saja Anda melewatkannya ketika berkedip. Fenomena ini juga berada di titik buta manusia,” tutup geofisikawan Hans C. Stenbaek-Nielsen dari University of Alaska, AS.

2. Tabrakan Antar Galaksi
Ternyata galaksi pun dapat saling “memakan” satu sama lain. Yang lebih mengejutkan adalah galaksi Andromeda sedang bergerak mendekati galaksi Bima Sakti kita. Gambar di atas merupakan simulasi tabrakan Andromeda dan galaksi kita , yang akan terjadi dalam waktu sekitar 3 milyar tahun.

3. Bintang Quasar
Quasar tampak berkilau di tepian alam semesta yang dapat kita lihat. Benda ini melepaskan energi yang setara dengan energi ratusan galaksi yang digabungkan. Bisa jadi quasar merupakan black hole yang sangat besar sekali di dalam jantung galaksi jauh. Gambar ini adalah quasar 3C 273, yang dipotret pada 1979.

4. Venus Transit
Mungkin dapat dikatakan bahwa kejadian ini adalah peristiwa astronomi terbesar sepanjang tahun 2012. Foto ini diambil ketika Venus melakukan 'perjalanannya' mendekati matahari dan terjadi hanya 105 tahun sekali. Dalam foto tersebut, bulan seakan-akan terlihat seperti buah jeruk besar dan Venus hanya berupa titik hitam kecil mengambang di permukaannya.

5. Supermoon

Supermoon adalah peristiwa semesta yang terjadi pada awal bulan Mei lalu. Pada saat itu, bulan hanya berjarak sekitar 221,802 mil dari bumi. Oleh karenanya, ukuran bulan menjadi sangat besar dan bersinar terang. Banyak orang biasa sampai astronom mengabadikan kejadian langka ini.

6. Eagle Aurora

Memang di beberapa belahan bumi lain sering muncul 'lukisan' alam yang disebut aurora. Namun, dari banyaknya aurora yang muncul, foto satu ini memiliki satu bentuk imajinasi yang khusus. Foto yang diambil di Norwegia ini memiliki bentuk mirip elang.

7. Whirlpool Galaxy
Foto ini berhasil menyabet peringkat pertama di kompetisi  2012 Astronomy Photographer of the Year. Menurut penuturan di National Geographic, galaksi ini berjarak 20 juta tahun cahaya dari bumi. Warna-warna tersebut berasal dari bintang muda dan gas hidrogen yang ada di angkasa.

8. Whitch's Brooms

Foto di atas adalah sebuah supernova yang dinamakan Witch's Broom. Seperti yang dilansir National Geographic, Whitch's Broom ini adalah bintang di galaksi Bima Sakti yang meledak sejak ribuan tahun lalu. Supernova ini memiliki jarak 1.400 tahun cahaya dari bumi dan berada tepat di konstelasi Cygnus.

Penutup


Sebenarnya banyak sekali fenomena lain yang sudah terungkap, namun tak semua saya input disini. Dan masih banyak sekali fenomena diluar sana yang masih belum terungkap sampai sekarang,salah satunya  "apakah alien ada?". Siapa yang tau, hanyalah Sang Khalik yang Maha Mengetahui Alam Semesta ini.

Mungkin itu saja yang bisa saya tulis disini. Kurang lebihnya mohon maaf, dan terimakasih pada sumber-sumber inspirasi saya.

Sumber : 
sumber 1
sumber 2
sumber 3

No comments:

Post a Comment