Sunday, November 4, 2012

Blog

Pengertian Blog.

Kata blog sebenarnya berasal dari gabungan dua kata yaitu, web dan log. Dengan kata lain, blog adalah kumpulan atau catatan pikiran, ide, foto, video, tautan dan apa saja tentang Anda. Secara teknis, kumpulan konten ini diurutkan secara kronologis terbalik. Yang terbaru di atas dan seterusnya ke bawah dan halaman berikutnya. Kumpulan tulisan singkat dapat saja dikatakan sebagai blog.

Ada yang mengkategorikan lebih jauh menurut ciri-cirinya, yaitu memiliki judul, batang tubuh, komentar, tanggal serta waktu penulisan dan penerbitannya. Tapi ciri-ciri seperti ini semakin kabur seiring berjalannya waktu.

Mengapa?

Tidak ada alasan yang pasti mengapa seseorang membuat blog. Semuanya tergantung motivasi individu yang bersangkutan. Tapi ada beberapa tujuan dan alasan yang mungkin tidak terpikirkan ketika ingin membuat blog, yang dapat menambah wawasan dan perspektif ke mana blog yang Anda bangun akan berdiri nantinya.
Beberapa orang membuat blog sekedar hobi. Memang inilah tujuan awalnya ketika perangkat lunak blog pertama dikembangkan. Mereka ingin cara yang mudah untuk mengarsip catatan pribadi dan juga berbagi dengan yang lainnya apa yang mereka tulis. 

Secara profesional dan dari segi bisnis, blog dapat digali lebih jauh agar menawarkan keuntungan berikut ini bagi Anda:

- Mendemonstrasikan keahlian dan membangun komunitas.
- Sebagai curriculum vitae (CV) atau resume.
- Sebagai sumber pendapatan penuh atau sampingan.

Untuk badan usaha mikro, kecil maupun menengah, memiliki sebuah blog akan lebih menguntungkan lagi. Anda dapat mempublikasikan berita terbaru, promosi, acara maupun kontes bagi prospek dan pelanggan Anda tanpa perlu mengeluarkan dana yang besar.
Apapun tujuan Anda, apakah ingin membuat sebuah blog hanya untuk alasan pribadi ataupun berkomunikasi dengan prospek dan pelanggan serta menciptakan kehadiran yang lebih nyata di dunia maya, sebuah blog dapat membantu Anda.

Topik?

Jika Anda memulai suatu blog hanya untuk alasan pribadi maka konten yang Anda buat tentunya terserah Anda, tapi bila blog yang bersangkutan terkait dengan bisnis maka ceruk pasar menjadi faktor yang sangat menentukan.
Pembaca jarang ingin menghabiskan waktu untuk blog yang tidak jelas topik dan tujuannya, kecuali bila mereka membaca hanya untuk sebagai hiburan.

Anda juga dapat menjawab pertanyaan yang ditemukan di forum-forum. Mungkin jawaban Anda di forum terkesan ringkas tapi setelah melalui proses pemikiran yang cukup lama, pasti ada tambahan. Tidak ada salahnya menuliskannya agar ada arsipnya sehingga dapat ditemukan oleh orang lain.
Akan ada kesulitan ketika pertama kali menulis, tapi yakinlah selanjutnya selalu akan lebih mudah. Sampai suatu saat ide untuk topik akan lebih cepat berdatangan dan Anda tidak akan memiliki waktu yang cukup untuk menulis semuanya.

Aplikasi.

Bagi kebanyakan blogger Indonesia, koneksi Internet 24 jam masih merupakan tantangan karena berbagai alasan, termasuk infrastruktur yang kurang baik dan dana. Akan sangat membantu jika ada aplikasi yang dapat membantu seorang blogger agar dapat menulis tanpa harus online terlebih dahulu.
Alat bantu ini fungsinya sederhana. Anda membuat tulisan dengan segala format sesuai dengan keinginan Anda, menyisipkan gambar, bahkan video, dan melakukan pratinjau tulisan. Software ini juga mengijinkan Anda menyimpan tulisan pada hard disk komputer. Dan ketika siap mempublikasikannya, tinggal menyambungkan koneksi dan mempublikasikannya.

Beberapa aplikasi populer yang masuk dalam kategori ini adalah:
- Windows Live Writer.
- ScribeFire.
- Ecto.


Source : BLOG.


1 comment:

  1. ei kawan .. Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi
    Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang
    untuk setiap kategori. link
    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)

    ReplyDelete