Saturday, March 24, 2012

Peranan Staf dalam Organisasi

Staf adalah sekelompok orang yang dipilih sesuai dengan kemampuan dan potensi. Dalam suatu perusahaan, staf sangat penting keberadaannya. Karena membantu kemajuan dan perkembangan perusahaan tersebut.
(Staf) 8.00 pm

Ada 2 tipe dari staf, yaitu :

- Staf penasihat, dibentuk untuk memberikan saran, bantuan, dan jasa kepada seorang atasan. Apabila diperlukan, manajer dapat menunjuk atau mengangkat staf penasihat dalam bidang perencanaan, pengorganisasian, pemberian motivasi, pengawasan, dan pengambil keputusan.

Agar saran yang diberikan kepada atasan merupakan saran yang sudah matang, obyektif dan telah diuji serta diteliti kebenarannya, maka saran tersebut harus di olah melalui suatu proses. Kira-kira prosesnya adalah seperti ini :

1. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan mengadakan penelitian ataupun riset.
2. Mengadakan analisis fakta, informasi yang diterima.
3. Mengadakan evaluasi atau penilaian.
4. Membuat berbagai alternatif atau kemungkinan lain.
5. Mengadakan pemilihan dari berbagai kemungkinan yang dianggap paling baik.
6. Membuat kesimpulan dari hasil pemikiran.
7. Merumuskan saran atau pertimbangan tersebut dalam suatu bentuk agar mudah dipahami oleh pimpinan.

- Staf pelayanan (Specialist), yaitu staf yang membantu atasan dalam melancarkan tugas organisasi, dalam memberikan pelyanan untuk seluruh lini atau bagian dan unsur organisasi. Fungsi utama staf pelayanan adalah memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya dalam bentuk kegiatan operasional, bukan memberikan saran atau pertimbangan. Karena saran atau pertimbangan adalah tugas dari staf penasihat. 
(Macam staf) 8.30 pm


Tugas-tugas yang dapat diberikan kapada karyawan staff antara lain adalah sebagai berikut :

- Mengumpulkan data (fakta),

- Mengusulkan alternatif tindakan

- Mendiskusikan rencana-rencana yang sedang dipikirkan dengan berbagai hak dan memperoleh kesepakatan mereka atau memperoleh alasan mengapa rencana tersebut ditolak.

- Mempersiapkan instruksi-instruksi tertulis dan dokumon-dokumen lainnya yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang merupakan realisasi dari rencana yang telah ditetapkan.

- Mengamati kegiatan-kegiatan operasional dan kondisi-kondisi yang dihadapi untuk rnengadakan apakah instruksi-instruksi telah dijalankan dengan baik dan apakah instruksi tersebut menghambat atau mempelancar proses pencapaian tujuan.

- Mengusahakan pertukaran informasi antara para petugas-petugas operasional mengenai pelaksanaan untuk meningkatkan kegiatan-kegiatan koordinasi.

- Memberikan informasi dan nasihat kepada petugas-petugas oporasional mengenai pelaksanaan tugas-tugas yang telah didelegasikan kepada mereka.

Dari peranan staff diatas dapat diketahui bahwa staff adalah hal yang diinginkan apabila :

- Keterbatasan kemampuan pimpinan untuk melaksanakan tugas-tugas secara baik. Keterbatasan ini melingkupi ketarbatasan waktu, energi, pengetahuan, perhatian, pandangan dan sebagainya.

- Tugas-tugas yang harus dijalankan belum dapat di delagasikan kepada bawahan, dapat disebabkan: (1) bawahan belum mempunyai kemampuan (2) secara efektif dan efisien lebih tepat wewenang tersebut diberikan kepada spesialist. (Staf) 9.03 pm

Credit goes to this site :
- http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100613235107AAX7MyM
- http://www.ut.ac.id/html/suplemen/ekma4333/macam_staf.htm
- http://cokroaminoto.blogetery.com/2010/03/11/kepemimpinan-dalam-organisasi-6/

Thanks for helping me. ^^

No comments:

Post a Comment