Thursday, October 28, 2010

Lecture Message

Kesempatan untuk memperoleh pendidikan di berikan kepada setiap warga negara tanpa membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, latar belakang sosial dan tingkat kemampuan ekonomi, kecuali untuk satuan pendidikan yang bersifat khusus.

Universitas tempat saya menimba ilmu yaitu Universitas Gunadarma memiliki banyak fitur-fitur atau menu layanan yang bisa digunakan oleh mahasiswanya untuk menunjang proses belajar-mengajar, disamping itu fitu-fitur atau menu layanan yang dimiliki oleh universitas gunadarma ini sangat membantu mahasiswanya.
fitur-fitur atau menu layanan yang dimiliki universitas gunadarma sangat beragam diantaranya, BAAK online, studentsite, UG Open Courseware, virtual class, UG Wartawarga, UG Community, dan masih banyak lagi.

Pendidikan tingkat tinggi adalah pendidikan sekolah pada jenjang yang lebih tinggi dari pada menengah. Pendidikan tingkat tinggi diselenggarakan untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional untuk dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian dan dapat dilakukan melalui proses pembelajaran yang mengembangkan kemampuan belajar mandiri.

Universitas Gunadarma adalah salah satu universitas swasta di Indonesia. Gunadarma mempunyai 9 kampus yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya, Yakni :
> Kampus A ( kenari ) : Jl kenari No. 13 Jakarta Pusat 10430
> Kampus B dan C ( Salemba ) : Jl. Salemba Raya No. 53 Jakarta Pusat 10440
> Kampus D ( Depok ) : Jl. Margonda Raya No. 100 Pondok Cina, Depok 16424
> Kampus E ( Kelapa Dua ) : Jl. Akses UI Kelapa Dua, Cimanggis 16951
> Kampus G ( Prapatan ) : Jl. Akses UI Kelapa Dua, Cimanggis 16951
> Kampus H ( Kelapa Dua) : Jl. Akses UI Kelapa Dua, Cimanggis 16951
> Kampus J ( Kalimalang ) : Jl. KH. Noer Ali, Kalimalang Bekasi
> Kampus K ( Kemang ) : Komplek Kemang Pratama I Blok MM-12 Kemang Pratama Raya, Bekasi
> Kampus L ( Kamal ) : City Resort B No. 75 Jl. Raya Kamal Outring Road Cengkareng

Universitas Gunadarma mewajibkan seluruh mahasiswa/i mempunyai BLOG. Hal ini dikarenakan ada mata pelajaran SoftSkill yang penilaiannya menggunakan jejaring blog. Dosen SoftSkill hanya masuk 1 kali dalam 1 bulan, dosen masuk hanya memberikan pengarahan kepada mahasiswa/i-nya bagaimana peraturan maupun tema yang akan ditulis oleh mahasiswa/i di blognya masing – masing.
Di Gunadarma juga meyediakan sarana dan prasarana kampus, seperti:

1. Perpustakaan,
Sebagai tempat menimba ilmu pengetahuan. Universitas Gunadarma menyediakan Perpustakaan yang dilengkapi dengan beragam pustaka yang terdiri dari buku literatur baik dalam bahasa Indonesi maupun bahasa Inggris, majalah, jurnal, ilmiah serta buku ilmiah lainnya. Fasilitas ini telah digunakan oleh mahasiswa, dosen, karyawan, dan alumni Universitas Gudarma. Seiring dengan majunya teknologi komunikasi dan audio visual, Gunadarma juga menyediakan perpustakaan audio visual. Di perpustakaan ini khusus mengkoleksi bahan pustaka non buku, yaitu berupa video kaset, kaset audio, dan bahan pustaka berbentuk non buku lain.

2. Internet Lounge,
Adalah ruangan yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk akses internet secara gratis. Fasilitas ini terdapat di kampus D, kampus E dan kampus J. Fasilitas ini dapat digunakan mahasiswa dengan menunjukan Kartu Mahasiswa dan sebelumnya mahasiswa tersebut sudah mengaktifkan studentsite (http://studentsite.gunadarma.ac.id). Tiap lounge berisi 20 terminaldan pemakaiannya dibatasi maksimal 20 menit untuk setiap user. Selama berada di lounge, mahasiswa wajib mentaati tata tertib yang telah ditentukan.

3. Situs Pelayanan dan Informasi Mahasiswa,

Pelayanan administrasi dan akademik mahasiswa dapat dilakukan secara online melalui situs – situs berikut:
I. http://baak.gunadarma.ac.id
berisi informasi yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma.
II. http://elearning.gunadarma.ac.id
merupakan media pembelajaran virtual bagi mahasiswa.
III. http://ugip.gunadarma.ac.id
berisi informasi jdwal kuliah, jadwal ujian, jadwal mengajar dosen, ruang kerja dosen, jadwal kursus dan workshop, dan informasi lowongan kerja.
IV. http://studensite.gunadarma.ac.id
merupakan situs resmi mahasiswa gunadarma, dan melalui situs ini pelayanan administrasi akademik dapat dilakukan.
V. http://library.gunadarma.ac.id
pelayanan perpustakaan online.
VI. http://ugpedia.gunadarma.ac.id
situs yang berisi informasi terkini mengenai Universitas Gunadarma.
VII. http://ocw.gunadarma.ac.id
situs yang berisi materi yang berkaitan dengan mata kuliah yang dapat diunduh secara gratis oleh mahasiswa.
VIII. http://repository.gunadarma.ac.id
situs yang berisi artikel yang berdasar dari prosiding suatu seminar ilmiah di dalam maupun luar lingkungan Universitas Gunadarma serta jurnal ilmiah Universitas Gunadarma.
IX. http://helpdesk.gunadarma.ac.id
situs ini memberikan pelayanan terhadap masalah yang berkaitan dengan account (email,username,password), penggunaan internet maupun wifi di lingkungan Universitas Gunadarma.

4. Aula dan Audiotorium,

Aula dan Audotorium yang dimiliki Universitas Gunadarma terletak di kampus D, Jl. Margonda Raya 100. Aula terletak digedung 3 lantai 4 yang sering digunakan sebagai tempat kegiatan mahasiswa yang diselenggarakan oleh berbagai organisasi kemahasiswaan dilingkungan Gunadarma, biasanya aula ini digunakan sebagai tempat pemberian materi ( PPSPPT ).

5. Majid / Mushola,

Gunadarma memiliki 2 buah majid yang cukup besar yaitu Masjid “Nurul Ilmi” yang berlokasi di Kampus Depok (Margonda) dan Masjid “Darul Ilmi” yang terletak di Kampus E (Kelapa Dua).

No comments:

Post a Comment